Sabtu, 11 April 2009

Gimana sih Caranya Mengconvert File Save PS2 ke dalam Memorycards PCSX2?

Klo Bro suka main game fighting terkenal seperti seri dragonball, tekken, atau naruto, dah pasti Bro ingin membuka [unlock] semua karakter rahasia untuk dapat Bro mainkan. Klo dengan cara manual tentu saja butuh waktu agak lama memainkan game tersebut.

Ada suatu cara agar Bro bisa secara instant memainkan game2 tersebut dengan semua features rahasia sudah terbuka. Yakni menggunakan file save ps2 yang bisa Bro download lewat situs www.gamefaqs.com. Situs game ini terbilang sangat lengkap, mulai dari review, image, walkhthrough/FAQS sampe pada save file semuanya disediakan untuk gamer mania. Daftar konsol yg disediakan oleh situs ini juga banyak macamnya, mulai dari konsol tua sampe konsol nex-generation semuanya ada di sini.

Kembali ke topik permasalahan, apakah sehabis mendownload file save ps2 tersebut Bro langsung bisa memainkannya dgn PCSX2?
Jawabanya dah pasti belum bisa Bro.

Save file ps2 yg Bro download tersebut formatnya bukan dalam bentuk memorycard PCSX2, akan tetapi formatnya dalam bentuk cbc, psu, max, sps, xps.

Untuk itu agar format2 tersebut dapat diloading dgn PCSX2, maka Bro diwajibkan untuk mengconvertnya ke dalam format memorycard PCSX2.

Pada dasarnya ada 2 macam cara untuk mengkonvert file save ps2 ke memorycard PCSX2.
1. Lewat emulator PCSX2
2. Dengan software/utility pembantu, namanya MYMC

Cara pertama menurut ane agak rumit, jadi ane jelaskan aja pake cara kedua yg terbilang sangat mudah dilakukan yakni menggunakan MYMC.

-Pastikan dulu memorycard yg akan Bro gunakan [yg ada pada folder memorycards PCSX2] sudah diformat.

-Siapkan file save ps2, Bro bisa download di www.gamefaqs.com.
Tips:
Masuk pada halaman awal, lalu pilih kategori konsol ps2, pilih judul game ps2 yg mau dicari, kemudian pilih option save file, n' download.

Jangan lupa sesuaikan save file yg akan Bro download dengan region dvd game PS2 yg Bro miliki. Supaya nantinya Bro bisa meloading file save ps2 memorycard dengan game PS2 yg Bro maenin.
Jadi ada beberapa macam jenis region save file yg disediakan oleh situs tersebut, yakni USA, Europe, ato Japan.

Misalnya seperti ini, Bro punya dvd game ps2 FinalFantasy dengan code region SLUS 20312. Berarti bro harus download file save ps2 yang region USA/America.
Note:
SLUS - USA/America-NTSC
SLES - Europe-PALSLPS/SLPM/SCPS - Japan

-Yang terakhir jgn lupa mengupdate directx ke versi terbaru. [min.nov'08]

Setelah ketiga hal penting tersebut terpenuhi, jalankan langkah2 berikut ini.

1.Ekstrak dulu file MYMC.zip ke dalam folder baru.
Coba Bro jalankan file eksekusi MYMC.

Bro bisa download software MYMC di sini

(maaf Bro, untuk sementara link donlotnya masih belum dapat digunakan)

2.Hal pertama yg harus Bro lakukan adalah memilih memory card PCSX2 yg akan digunakan.


3.Pilih option import ps2 file. Option ini akan mengconvert secara langsung dari save file ps2 ke memorycard PCSX2.
[format ps2 file yg support antara lain, cbc,psu,max,sps,xps]



4.Kalau filenya bisa diimport berarti Bro telah berhasil mengconvert ke dalam memorycard PCSX2.

5.Inilah file save ps2 yg sudah berhasil diconvert/dimasukkan ke dalam memorycard PCSX2.


6.Setelah itu Bro bisa menyimpan hasil convertan tadi lewat menu export ke dalam format psu file. Kalaupun Bro tidak menyimpannya juga tidak apa2, soalnya hasil dari convertan tadi otomatis sudah masuk ke dalam memorycard PCSX2.

7.Coba jalankan memorycard tersebut dgn PCSX2 untuk meloading game ps2 yg akan Bro maenin.

Selamat Mencoba Bro!



21 komentar:

Han AD mengatakan...

sbnarnya gak harus pake kasetnya Bro,
klo Bro mau download juga bisa, tapi nanti kapasitas file yg harus Bro download rata2 untuk game PS2 sebesar 4gb-an,buth koneksi internet yang super Bro buat downloadnya, nanti hasil downloadnya berupa file ISO yg bisa langsung Bro maenin lewat emulator ini.

ezha mengatakan...

hello Bro,..lama g ksh komen neh..kpn posting berita2 yg trbaru? jd g sabar, he.. eh, bro game2 PS2 ap aj yg paling lncar utk dimaenkan ? (gerakanny udh ky ps2 beneran) soalny game2 yg gue maenin ky Dragon Ball Z Infinite World, Tekken 5, ampe game pemburu vampire (g ingt gue jdl na apaan, he.)frame rateny sering d bwh 20%, jd lmbt deh gerakan pemain na.. pdhl udh gue setting limit na jd 60fps.. gmn ya Bro? please jwb k email gue..thnks Bro..

gufta mengatakan...

kk kok klau aku pakai zero gs 0.97 kok eror sih
tolong jawab ke email aku kak guftaalvian@gmail.com

Unknown mengatakan...

Sy mau tanya, sy pake pcsx2 0.9.6, tapi gambarnya putus2, sbg info komp sy mash pentium 4 2,9 Ghz, memori 512 Mb, grafik card 128 mb, sy coba unt maen winning eleven, tks.

Han AD mengatakan...

Specs comp. yg bro pake ane kira masih kurang kenceng bro buat maenin WE dgn nyaman, minimal procienya dual-core,memory 1giga,vga addon radeon/nvidia 512mb.

CassiusWahyu mengatakan...

Tolong Balas y! gimana y kk Alfan cara supaya maen tanpa download maen pk kaset aja gitu. tp bs g kalo kita masukin kaset bs langsung maen? trus saya bingung banget itu kk coba kalo filenya kaya baru didonlot pasti saya g pusing trus yg buat di gamefaqs itu g ada yg bs saya download caranya aja g tw dari tadi dari siang sampe malem kecewa trus g cape2 oh iya file yg on MYMC.ps2 itu yg mana sih? aku bingung mohon pemberitahuannya

Anonim mengatakan...

mas saya sudah mendownload pcsx2 0.9.6 with bios tapi saya bingung saat memulai program pcsx2 itu langsung muncul ''Pcsx2 need to be configured.'' nah di tulisan Biosnya itu kosong.Gimana ya cara betulinnya
mksh.

Han AD mengatakan...

@cassius wahyu:
klo maen pake kaset bisa saja tapi hasilnya lambat bro, mendingan dibikin file image dulu, donlot file save di gamefaqs.com caranya klik kanan pada game savenya lalu pilih save link as.

Han AD mengatakan...

@anonim:
berarti itu file biosnya blm disetting pada tempat yg benar, caranya pada config awal pilih source directory untuk file biosnya bro.

Anonim mengatakan...

Bro,wktu aq jlanin aplikasiny kox gx ada plihan importnya...
Klaupun ad,cu5 tlisnny sja yg klhatn n gx bisa d bka
itu knpa ya??

Han AD mengatakan...

@anonim: waktu buka pertama kali aplikasi (mymc) kan itu disuruh pilih file ekstension .ps2, setelah file memory card tersebut berhasil dibuka seharusnya menu pd import bisa digunakan bro.

Dietho Pantitoki mengatakan...

Bro Klo Ada tulisan GIni "Not A Ps2 memory card image" itu knp yach

Anonim mengatakan...

Gan, gmn kog gak bisa dibuka nih MyMC nya katanya ada file dll yg hilang ?

Unknown mengatakan...

gan, cara setting video nya supaya lancar begimana? spec notebook ane cukup kok... pas main rumble roses agak lampat gitu ya? spec ane:

Intel i3 2.53GHz quad core, 2GB DDR3 RAM, cuma ya video card bawaan dari intel... tapi main RE5 lancar tuh

Anonim mengatakan...

belum membantu bos, masih belum bisa load gamenya dari memorycard, padahal file psu sudah disaimpan di folder memory card, tapi pas maen tetep aja ga ada file loadnya

Fikri Ramdhani mengatakan...

Klo nyalin data di memory PCSX2 ke PS2 gimana gan?

Fikri Ramdhani mengatakan...

Klo nyalin data di mcard PCSX2 ke mcard PS2 gimana? Lewat flashdisk apa gimana?

Unknown mengatakan...

gan gimana untuk main game dragonballZ di pcsx selalu meminta mmc padahal gue udah buat mmc di pscx? game yang lain lancar aja otomatis nyimpen dimmc kecuali dragonbaallZ ribet

Unknown mengatakan...

Bro saya mau nanya kan udah di pasang setingan juga udah selesai direckx nya juga udbh tapi ada satv masatkah bacaan nya kurang lebih invalid verificaton phytograpic li sensed enabel and nesscanry abis itu gsl gagal

Aldi mengatakan...

bro, kok pas saya masukin file memorycard nya error ya?

Khadik Emang mengatakan...

Maaf ni bro .. cara ngebuka file CBC pake aplikasi apa yah for android.. pengin ngedit gatel nih jari